Selasa, 06 September 2011

GABUS GLOSO SETU

Selasa, 06 September 2011
Gabus gloso adalah ikan air tawar Oxyeleotris marmorata.Meskipun agak jarang yang berukuran besar, ikan yang menyebar di Asia Tenggara hingga Kepulauan Nusantara ini digemari pemancing karena (tarikan)nya yang kuat.Nama-nama lainnya di berbagai daerah di Indonesia adalah bakut, bakutut, belosoh (nama umum), boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu dan lain-lain.

Seperti dicerminkan oleh namanya, ikan ini malas bergerak atau berpindah tempat. Ia cenderung diam saja di dasar perairan, sekalipun diusik. Hanya di malam hari betutu agak aktif, memburu udang, ikan-ikan kecil, yuyu, atau siput air. Ikan betutu didapati di sungai-sungai di bagian yang terlindung, setu,rawa, waduk, saluran air atau parit.ikan ini menyebar di Asia Tenggara: Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Semenanjung Malaya, Filipina dan Indonesia: Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Didapati pula di Jawa. Diintroduksi ke Singapura, Taiwan.




1 komentar:

taurinusabeyta mengatakan...

Las Vegas Casino & Hotel - JeT Hub
Experience 영주 출장마사지 a 보령 출장안마 world of luxury at the Wynn and Encore Las Vegas. 안성 출장마사지 Experience a 진주 출장샵 world of luxury 광양 출장안마 at the Wynn and Encore Las Vegas. Enjoy the comfy beds and

Posting Komentar