Selasa, 09 November 2010

BAUNG SETU

Selasa, 09 November 2010



Ikan baung bertubuh licin tanpa sisik di tubuhnya, dan serupa dengan Lundu dan Patin, Baung memiliki tiga duri yang berbisa (patil), yakni pada sepasang sirip dadanya, dan sebuah lagi berada di awal sirip punggungnya.Ikan baung adalah ikan air tawar yang dapat hidup dari perairan di muara sungai sampai ke bagian hulu. Bahkan di Sungai Musi (Sumatera Selatan), baung ditemukan sampai ke muara sungai di daerah pasang surut yang berair sedikit payau. Selain itu, ikan ini juga banyak ditemui di tempat-tempat yang letaknya di daerah banjir. Secara umum, baung dinyatakan sebagai ikan yang hidup di perairan umum seperti sungai, rawa, situ, danau, dan waduk.

Baung bersifat noktural. Artinya, aktivitas kegiatan hidupnya (mencari makan, dll) lebih banyak dilakukan pada malam hari. Selain itu, baung juga memiliki sifat suka bersembunyi di dalam liang-liang di tepi sungai tempat habitat hidupnya. Di alam, baung termasuk ikan pemakan segala,Namun ada juga yang menggolongkannya sebagai ikan carnivora, karena lebih dominan memakan hewan-hewan kecil seperti ikan-ikan kecil.umpan ikan baung antara lain ikan-ikan kecil, udang-udang kecil, remis, insekta, molusca, dan rumput.

3 komentar:

Boyan mengatakan...

Ini ikan satu marga dengan lele gak day..hehe.

Unknown mengatakan...

Beda,baung itu kalau tidak salah sama dengan keti'ing to, cuma ukurannya besar.baung bs sebesar jok motor,bkn ngada2 tp saya pernah lihat sendiri...waktu lg fishing k kali cisadane.
Marga Hemibagrus(baung).Baung masih sekerabat dengan lele.marga Mystus(lele) pada mulanya dianggap sama tp ikan-ikan baung memiliki kepala yang memipih.

thank you for your comment

Salam strike

alex mengatakan...

brarti dya sama donk dengan ikan sembilang
kalo saya boleh tau ne kk umpan yg paling jitu bwat mancing ne baung apa ya

Posting Komentar